Virtual Learning Online Learn  - mohamed_hassan / Pixabay

Kerja Online di 2021: Lagi Cari Lowongan Kerja Online yang Terpercaya? Ini Pembahasannya

Kini lowongan kerja online yang bisa dilakukan di rumah, dimana saja kapan saja, semakin banyak. Jika kamu masih mencari pekerjaan utama atau sampingan yang bisa dilakukan secara online, di sini saya akan berbagi lebih detail kepada kamu semua tentang kerja online yang mudah, tanpa modal, terpercaya dan dibayar tentunya.

Apa Itu Kerja Online?

Kerja online adalah aktivitas melakukan pekerjaan atau bekerja yang dapat dilakukan di mana saja Anda berada, baik dari rumah atau lokasi yang jauh dari kantor. Aktivitas ini banyak pula disebut Kerja Remote atau Kerja Jarak Jauh. Kerja online semakin banyak tersedia karena teknologi dan koneksi internet terus meningkat. Banyak orang bekerja secara online dalam berbagai bidang seperti content creator, jasa desain, layanan pelanggan, konsultasi, penerjemahan, penulisan artikel atau dokumen, jasa layanan digital, internet marketer, pemrograman komputer, dll. Yang menjadi persyaratan mutlak adalah adanya koneksi internet dan listrik. Tanpa itu, anda tidak bisa bekerja secara online.

Apa Manfaat Kerja Online?

Tidak dapat dipungkiri, banyak yang memilih bekerja secara online dengan berbagai alasan, seperti: kebebasan mengatur waktu, tidak stress terkena macet dan berlama-lama di jalan, bahkan ada yang ingin selalu dekat keluarga atau anak. Selain waktu, juga fleksibel pada lokasi pekerjaan, bisa berpindah-pindah, sambil jalan-jalan/traveling, ini biasa disebut digital nomad atau remote worker. Bagi perusahaan, tentunya menghemat biaya diluar produksi, seperti biaya pencarian pekerja baru bertalenta, biaya listrik dan koneksi internet.

Bagaimana Cara Kerja Pekerjaan Online?

Tiap pekerjaan online mempunyai persyaratan yang berbeda. Beberapa pekerjaan ada yang mengharuskan pekerja berkomunikasi baik melalui telepon, chat, email, dan konferensi video lewat HP atau laptop selama jam kerja yang ditentukan, sama seperti pekerjaan kantoran biasa. Ada juga yang mengizinkan pekerja untuk mengatur jadwal pekerjaannya dan tenggat waktu mereka untuk proyek yang dikerjakan. Sebagian besar pekerjaan online, kamu akan diminta untuk rapat dan berkomunikasi secara teratur dengan tim dan atau supervisor/manajer kamu melalui panggilan konferensi video, chat, email, dan panggilan telepon. Namun tak jarang, rapat dengan tim atau manajer dilakukan secara tatap muka baik itu seminggu atau bahkan sebulan sekali.

Apakah Pekerjaan Online itu Legal?

Meskipun ada beberapa lowongan pekerjaan online yang menipu, ada banyak lowongan pekerjaan online yang legal atau benar-benar membayar. Beberapa perusahaan sekarang mulai ada yang beralih dari yang sistem kerja onsite atau dalam kantor ke sistem kerja online, yang pengoperasiannya sepenuhnya dari jarak jauh. Hal ini memberi keuntungan untuk perusahaan dalam merekrut talenta terbaik sesuai skill yang diinginkan dari mana saja bahkan dari seluruh dunia dan meminimalkan biaya di luar produksi. Nah, kamu yang ingin mendapat pekerjaan online harus melakukan riset dulu sebelum melamar pekerjaan, dan kamu mungkin akan terkejut dengan banyaknya pekerjaan online yang bagus di luar sana.

Apa Saja Jenis Pekerjaan Online?

Pekerjaan online tersedia di berbagai bidang. Ada banyak pekerjaan online yang tersedia sekarang daripada sebelumnya karena teknologi terus meningkat. Beberapa contoh bidang yang mempekerjakan pekerja online termasuk pendidikan, layanan pelanggan, pemrograman komputer, analisis bisnis, internet marketer, dll. Ada banyak sekali lowongan pekerjaan online yang tersedia di berbagai bidang, baik yang full time atau part time/paruh waktu atau biasa disebut freelance.

Pengkategoriannya pun cukup beragam baik tingkat usia, pengalaman, keahlian maupun pendidikan, contohnya: lowongan kerja online untuk pelajar SMA/SMK, mahasiswa, pekerja kantoran, atau pekerja yang sudah ahli dibidangnya. Bahkan, kerja online untuk ibu-ibu rumah tangga pun ada untuk hanya sekedar kerja sampingan online dari rumah dan dengan bermodalkan HP saja. Nah, sekarang kamu sudah tahu ada di kategori yang mana? Bila belum, kamu bisa pelajari bidang yang ingin ditekuni dari sekarang bahkan dari Nol pun bisa.

Apa Saja Contoh Pekerjaan Online?

Berikut contoh pekerjaan yang bisa dilakukan secara online atau remote:

  1. Tutor, mentor atau guru online.
    Ini untuk kamu yang sudah ahli dibidang yang kamu geluti. Misalnya kamu sudah mahir di bidang matematika, kamu bisa menjadi guru online matematika.
  2. Pekerjaan transkripsi.
    Pekerjaan transkripsi ini terbilang mudah. Yang akan kamu lakukan adalah mendengarkan file audio dan menuliskannya menjadi kata-kata. Jadi kamu mengetik apa yang kamu dengar.
  3. Manajer media sosial.
    Dengan menjadi manajer media sosial, kamu akan mengelola media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn, YouTube klien kamu.
  4. Asisten virtual dan input data (data entry).
    Sampai sekarang, masih ada banyak lowongan asisten virtual. Jenisnya pun banyak sekali. Yang paling umum adalah asisten admin atau pekerjaan sekretaris yang biasa dilakukan di kantor. Misalnya menata, menulis, mengatur berkas, mengirim dan membalas email, mengambil data dan menginput data, dll. Jadi menjadi seorang asisten virtual dan input data sangat bermanfaat dan merupakan salah satu pekerjaan online yang banyak direkomendasikan untuk pemula, silakan kamu mencobanya.
  5. Perekrut online.
    Perekrut online banyak pula dicari perusahaan, klien, pemilik bisnis untuk menyaring pelamar kerja mereka. Jika kamu lulusan psikologi atau jika kamu memiliki pengalaman sebelumnya dalam merekrut, atau bidang HRD, maka saya sarankan kamu untuk mencoba menjadi perekrut online.
  6. Pemasar online atau pemasar digital (online/digital marketer), online dropshiper.
    Pemasar online atau pemasar digital ini banyak juga spesialisasinya. Contohnya:
    – pemasar email (email marketer), tugas mereka yaitu mengirim email kepada calon klien, menuliskan materi promosi dll.
    – manajer iklan (ads manager), tugas mereka yaitu memasarkan produk atau jasa lewat iklan online seperti iklan FB, Instagram, Google, YouTube, dan platform online lainnya. Jadi, itulah sedikit dari jenis pemasaran online. Beda platform, beda metode pemasaran.
  7. Penulis lepas, blogger atau penulis konten (content writer).
    Jika kamu suka menulis dan suka berpikir kreatif, kamu bisa membuat blog atau menjadi penulis online. Lowongan penulis konten banyak sekali tawarannya karena sangat dibutuhkan artikel yang berkualitas untuk mengisi situs atau website klien. Jadi, jika kamu tertarik untuk menulis, dan suka berpikir kreatif, kamu bisa mencobanya.
  8. Editor online atau korektor (proofreader).
    Kamu tidak tidah diminta menulis seperti penulis lepas. Tapi apa yang akan kamu lakukan adalah sebagai korektor, tugasnya memperbaiki kesalahan penulis. Misalnya, penulis membuat tulisan artikel untuk konten suatu website tertentu. Apa yang akan dilakukan proofreader adalah memeriksa apakah yang tertulis benar. Seperti penggunaan tanda baca, spasi, tanda hubung, huruf kapital, kalimat typo, tata bahasa dan banyak lagi.
  9. Chat Support, Customer Support, atau admin online shop.
    Tugas kamu yaitu membalas chat dari calon pelanggang/pelanggan berkaitan jasa/produk perusahaan dengan mengetik cepat tentang permasalahan atau pertanyaan dari calon pelanggan. Untuk admin olshop, ditambah pendataan stok dan penjualan barang toko online, dll.
  10. Desain grafis, illustrator.
    Apa yang bisa dilakukan? Tentunya yang berhubungan tentang desain grafis, seperti membuat desain logo, desain infografis, desain cetak, desain konten iklan, edit foto, desain ilustrasi animasi, dll. Menjadi graphic designer atau illustrator, merupakan pekerjaan yang juga banyak diminati dan lowongan desain grafis remote pun banyak tersedia. Perlu ide-ide kreatif di dalamnya.
  11. Editor video.
    Sama halnya seperti desainer grafis, menjadi editor video pun banyak peluangnya, seiring pesatnya pengguna Youtube.
  12. Pengisi suara (voice over).
    Jika kamu punya suara khas, kamu bisa menjadi pengisi suara baik di konten video iklan, video narasi, ataupun serial animasi.
  13. Vlogger, content creator atau influencer.
    Jika kamu percaya diri terhadap skill kamu dan bisa membagikan skill pengetahuan kamu lewat video secara kreatif, kamu bisa menjadi content creator. Ceritakan apapun yang kamu percaya diri terhadapnya lewat platform Youtube atau TikTok, atau biasa disebut sebagai Youtuber. Kamu bisa memasak atau menyanyi. Maka buatlah video semenarik mungkin. Kamu bisa dapat penghasilan dari iklan yang tayang di video kamu atau meng-endorse atau mengulas suatu produk.
  14. Programmer website, software dan aplikasi.
    Lowongan kerja programmer remote ini sangat banyak tersedia, baik untuk atau online atau onsite (dikerjakan di kantor).
  15. Penerjemah buku atau dokumen.
    Salah satu pekerjaan online yang bisa kamu kerjakan bila kamu punya skill di bidang bahasa.

Dan, masih banyak lagi…

Bagaimana Cara Daftar Kerja Online?

Jika kamu tertarik untuk mendapatkan kerja online, kerja freelance online atau kerja part time online, hal yang pasti yaitu kamu sudah memiliki skill/kemampuan di bidang tertentu. Bila belum, kamu bisa ikut pelatihan, kursus online sesuai bakat kamu, misalnya: udemy.com, skillacademy.com, dll atau kamu ikut bootcamp remote work, di sini. Ada yang berbayar, ada yang gratis.

Lantas, bila kamu sudah punya keahlian apa yang kamu harus lakukan:
Pertama, kamu bisa bergabung di grup komunitas freelancer baik di FB atau Telegram. Di sana banyak sekali lowongan untuk kerja online atau sekedar bertanya saja, bahkan untuk pemula sekali pun.

Kedua, kamu bisa mencari di situs penyedia lowongan kerja online, seperti: indeed.com, jobstreet.co.id, sribulancer.com, karir.com, loker.id, dll. Kamu bisa mencari lowongan kerja online terbaru dan bergaji besar di situs tersebut. Pastikan cari pekerjaan yang bisa dikerjakan secara online/remote dari rumah.

Ketiga, kamu bisa daftar di situs kerja online atau penyedia freelancer online, seperti: upwork.com, freelancer.co.id, fastwork.id, projects.co.id, dll. Situs ini mempertemukan para pekerja online dan klien yang memiliki proyek.

Keempat, kamu bisa buat web atau blog khusus portofolio semua pekerjaan kamu sebelumnya, agar calon klien dapat melihat dan menilai apakah kamu cocok bekerja dengan klien dari penilaian hasil portofoliomu. Contohnya seperti sy4m.com, diah.net, dll. Jika tidak ada web, kamu bisa bagikan atau pajang portofolio di media sosial kamu.

Sekarang, semua begitu mudah hanya mencari lowongan kerja freelance online lewat HP saja sudah bisa.

Bagaimana Sistem Pembayaran Pekerjaan Online?

Nah, ini yang penting juga untuk bergelut di dunia online, sistem pembayaran.

Bila lamaran kerja online kamu diterima di sebuah perusahaan, ini ada kepastian bahwa perusahaan akan membayar kamu sesuai kesepakatan di akhir/awal bulan. Yang perlu kamu ketahui dulu, yaitu perusahaan tersebut benar-benar ada, sekali lagi bukan fiktif ya. Biasanya perusahaan tersebut, mengadakan program magang atau kerja di masa percobaan, untuk menilai apakah kamu layak bekerja di perusahaan tersebut atau tidak.

Bila kamu diterima pekerjaan melalui situs penyedia pekerja online, itu pun kamu juga jangan khawatir. Kamu akan dibayar bila suatu proyek atau tugas yang diberikan kepadamu telah selesai. Situs ini berlaku sebagai pihak ketiga yang akan menahan dana dari klien untuk diberikan kepada freelancer sampai proyek selesai. Metodenya pun beragam, kamu bisa dibayar per jam kerja atau per proyek.

Bila kamu sudah mempunyai brand dan tingkat kepercayaan yang tinggi, kamu bisa memberlakukan penagihan pembayaran di awal, baik uang muka atau pembayaran penuh. Hal ini biasa dilakukan pada workshop, kursus atau pembelajaran online.

Berapa Kisaran Gaji Kerja Online?

Kisaran gaji atau pembayaran kerja online sangat variatif, menyesuaikan tingkat kesulitan pekerjaan dan tingkat keahlian pekerja itu sendiri. Selain itu, pekerja online atau freelancer juga harus mengetahui berapa gaji kerja online atau harga pasaran jasanya, agar jasanya kompetitif. Sudah pasti gaji atau pembayaran kerja online di internasional lebih tinggi dibanding di tingkat nasional. Sebagai gambaran, berapa gaji admin online shop di Indonesia? Bersumber dari Twitter, rata-rata gaji admin online shop di Indonesia berkisar antara Rp 1,2 – 2 juta per bulan. Sedangkan gaji admin online shop di Amerika Serikat berkisar USD 3000-4000 atau setara Rp 45-60 juta per bulan.

Tips Kerja Online

Sebagai saran, kamu bisa cari jenis pekerjaan yang banyak dibutuhkan dan targetkan jasa keahlian kamu untuk klien di luar negeri atau perusahaan asing. Tentunya kemampuan bahasa inggris, minimal mengerti secara tertulis juga diperlukan. Bila belum mampu, bisa mulai dari klien lokal dulu, sambil mengasah keahlianmu.

Bagaimana? Sudah terbayangkah nantinya bila bekerja di rumah dan dibayar perusahaan asing? Apalagi membayangkan sudah punya pengalaman kerja remote bertahun-tahun dan bergaji besar. Semua awali dengan mimpi, lalu action.

Jadi, itu saja pembahasan yang bisa saya berikan tentang apa, manfaat, cara kerja, jenis, sistem pembayaran dan contoh kerja online. Sudahkah ada bayangan pekerjaan online/remote apa yang ingin digeluti? Semoga artikel ini dapat menjadi referensi kamu dalam memulai pekerjaan online dan mendapatkan lowongan kerja online yang bisa dilakukan dari rumah, di mana saja, kapan saja. Terima kasih!

Spread the love

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top