2021: Cara Mendapatkan Kerja Remote dengan Mudah

Kerja Remote

Ada banyak peluang untuk mendapatkan kerja remote (jarak jauh) saat ini. Untuk menemukan peluang ini, penting untuk memahami apa itu kerja remote. Kerja remote adalah dimana seseorang bekerja dari lokasi selain kantor. Untuk mendapatkan kerja remote, seseorang dapat mencarinya di website seperti:

  • Indeed
  • Jobstreet
  • Remote.co
  • LinkedIn
  • WeWorkRemotely
  • SimplyHired
  • FlexJobs
  • RemoteOk.io, dll.

Beberapa manfaat dari kerja remote antara lain kemampuan untuk bekerja dari rumah (jarak jauh), kualitas hidup dan fleksibilitas yang lebih baik, dan kesempatan untuk tinggal di daerah yang lebih terpencil. Manfaat ini dapat mengarah pada peningkatan produktivitas dan peningkatan kebahagiaan. Singkatnya, ada alasan signifikan mengapa keputusan bisnis sebuah perusahaan dengan mengambil kebijakan kepada karyawan untuk bekerja secara remote atau online dan tetap memantau pekerjaan yang mereka lakukan dari jarak jauh. Remote di sini bisa dilakukan baik secara regional lokal maupun lintas negara.

Pertimbangan Kerja Remote

Bekerja secara remote bisa sangat bermanfaat. Ada banyak keuntungan untuk kerja remote, tetapi ada juga beberapa ada kerugiannya. Di satu sisi, kamu tidak lagi ada waktu perjalanan ke kantor, apalagi kena macet dan kamu dapat bekerja dengan celana pendek atau sarungan jika kamu mau.

Di sisi lain, kamu harus mempunyai motivasi diri sendiri dan disiplin yang tinggi. Karena tidak ada seorang pun di sekitar kamu (manager atau supervisor) yang memantau secara langsung dan meminta kamu bertanggung jawab atas pekerjaan kamu kecuali diri kamu sendiri. Namun, seiring canggihnya teknologi, sistem pemantauan dilakukan dengan menggunakan software tracking / perangkat lunak yang merekam waktu & aktifitas di komputer kamu.

Bagi kamu yang mempertimbangkan untuk kerja remote harus meluangkan waktu untuk memikirkan keuntungan dan kerugian dari pekerjaan remote dan memastikan pekerjaanmu adalah sesuatu yang cocok dan bisa dilakukan secara remote atau online.

Mencari Kerja Remote di Situs Freelance

Apakah kamu ingin memiliki kebebasan dan fleksibilitas untuk memilih bekerja sesuai waktu dan lokasi kamu berada? Bila iya, kamu bisa cari pekerjaan remote di situs freelance.

Ada banyak alasan bagus untuk beralih ke situs freelance, salah satunya untuk menemukan skill baru kamu berikutnya dan menemukan pekerjaan yang banyak dibutuhkan perusahaan. Selain sebagai pilihan yang fleksibel dan permintaan pekerjaan yang tinggi, freelance membantu pebisnis menciptakan tim yang lebih fleksibel. Situs freelance juga menciptakan lebih banyak pekerjaan bagi mereka yang bekerja mandiri tanpa perusahaan.

Jika kamu membutuhkan penghasilan sampingan, cobalah menjadi freelancer atau pekerja lepas online. Ada banyak situs freelance untuk mencari pekerjaan simpel yang hanya membutuhkan keterampilan yang tepat. Sekalinya kamu mendapatkan pekerjaan tersebut, kamu bisa kerjakan sesuai batas waktu yang kamu tentukan dan dikerjakan setelah selesai pekerjaan utama kamu / setelah jam kantor.

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan pekerjaan freelance ini adalah selalu memantau peluang pekerjaan yang baru di situs freelance. Itu sebabnya situs freelance adalah tempat yang bagus untuk mendapatkan pekerjaan remote. Situs seperti Fiverr, Upwork, Freelancer, dan Projects (situs lokal) adalah situs yang bagus saat mencari pekerjaan remote atau online.

Mencari Kerja Remote di situs Lowongan Kerja

Saat kamu mencari pekerjaan, salah satu tempat terbaik untuk memulai mencari pekerjaan adalah situs lowogan kerja sesuai wilayah kamu, secara lokal. Contoh situs yang kredibel seperti LinkedIn, Indeed, Remote Worker Indonesia, dll adalah tempat terbaik untuk menemukan lowongan pekerjaan yang cocok sesuai bidang dan skill kamu. Kamu juga dapat mencari pekerjaan dengan kata kunci pencarian sesuai bidang kerja kamu sampai menentukan rentang kisaran gaji yang kamu inginkan. Di Remote Worker Indonesia, kamu bisa mendapatkan bimbingan bagaimana mendapatkan kerja remote atau kerja online walaupun minim skill. Di sana kamu bisa mendapatkan pelatihan/kursus yang banyak dibutuhkan klien/perusahaan.

Siapkan Blog atau Portofolio

Membangun blog atau portofolio adalah cara yang baik untuk memperkenalkan diri dan mengembangkan bisnis dan karir kamu. Dengan blog juga membantu kamu berbagi informasi dengan klien kamu. Kamu dapat membuat blog yang berfokus pada perusahaan tempat kamu bekerja atau kamu dapat membuat blog sendiri dan situs portofolio hasil pekerjaan kamu.

Hal yang bisa kamu lakukan dalam menyiapkan blog adalah menemukan atau membuat website gratis yang akan menampung blog atau portofolio kamu. WordPress, Blogger, dan Medium adalah platform yang gratis untuk digunakan. Kamu dapat menggunakan platform ini untuk mengatur blog kamu, memajang portofolio kamu dan membuatnya terlihat rapi untuk branding kamu. Contohnya seperti halaman ini: https://sy4m.com/portfolio/

Dengan begitu, klien atau perusahaan yang ingin merekrut kamu dapat melihat artikel-artikel di blog kamu dan portofolio pekerjaan kamu terdahulu sebagai pertimbangan. Bahkan ini akan menjadi nilai tambah dirimu yang semakin memperbesar peluang untuk direkrut dan kamu pun dapat pekerjaan.

Siapkan Website Personal

Salah satu cara untuk memasarkan keahlian atau branding kamu adalah dengan membuat website personal. Website ini bisa berupa blog/artikel atau portofolio kamu. Sedikit berbeda dengan blog versi gratis, website ini sifatnya berbayar. Kamu harus memililki nama domain website, seperti namakamu.com, sy4m.com, diah.net. Serta membayar jasa hosting sebagai tempat nama domain kamu di tampilkan. Namun, efeknya lebih besar dibandingkan blog versi gratis.

Kamu bisa pesan nama domainmu bisa klik di sini memakai pembayaran lokal & klik di sini memakai pembayaran internasional (pakai kode kupon diskon pertama kali: webitu). Untuk pesan jasa hosting murah lokal bisa klik di sini dan jasa hosting murah internasional bisa klik di sini.

Untuk memulai pembuatan website, kamu harus mendesain website sedemikian rupa agar terlihat rapi, teratur, dan profesional. Jika kamu khawatir tentang tata letak dan desain sampai warna, kamu dapat menggunakan jasa pembuat website personal, Webitu.com, yang akan membantu kamu membuat website yang diinginkan.

Selain itu, kamu harus membuat akun email bisnis, misal namakamu@namadomain.com dan memastikan bahwa kamu memperbarui informasi kontak di website kamu.

Setelah kamu membuat website, sangat penting untuk meng-update/merawatnya agar dapat terus memperkenalkan skill kamu, branding sudah pasti mengikuti. Caranya adalah memperbarui konten website kamu secara teratur dan menambahkan informasi baru dan portofolio pekerjaan terbaru kamu.

Terbitkan Riwayat Pekerjaan Kamu di Situs Lowongan Kerja atau Forum Media Sosial

Tidak bisa dipungkiri, situs lowongan kerja atau forum media sosial adalah sarana yang ampuh mendapatkan pekerjaan. Semakin banyak orang tahu tentang kamu, riwayat pekerjaan kamu, pengalaman dan keahlian kamu, semakin memperbesar kesempatan kamu mendapatkan pekerjaan. Karena di situs atau forum tersebut mudah diakses banyak orang/klien/perusahaan yang mencari tim atau karyawan baru.

Hubungi Perekrut Karyawan untuk Membantu Kamu Menemukan Pekerjaan Remote

Enaknya kerja remote adalah kamu tidak perlu bolak-balik ke dan dari kantor setiap hari, berjibaku dengan kemacetan apabila kamu berada di kota besar. Ini bagus untuk orang yang tidak suka mengemudi atau berurusan dengan lalu lintas, dan itu juga berarti kamu dapat bekerja dari mana saja dengan akses internet utamanya.

Jika kamu tidak tahu harus mulai dari mana, kamu mungkin tertarik untuk memakai jasa perekrut untuk membantu kamu menemukan pekerjaan remote.

Seorang perekrut akan dapat membantu kamu menemukan pekerjaan di mana pun kamu berada. Mereka biasanya bekerja berdasarkan komisi, jadi mereka dibayar untuk menemukan pekerjaan yang kamu inginkan.

Ada banyak manfaat untuk memakai jasa seorang perekrut. Yaitu, kita tidak perlu susah-susah secara door-to-door online melamar ke satu perusahaan ke perusahaan lain. Tentunya dengan begitu akan menghemat waktu dan uang.

Buat Video Riwayat Hidup dan Posting Secara Online

Untuk pelamar hari ini, video riwayat hidup/pekerjaan sejauh ini merupakan cara paling efektif untuk memasarkan diri sendiri untuk mendapatkan pekerjaan. Dengan era digitalisasi, semakin banyak orang mulai membuat video tentang mereka sendiri untuk menunjukkan keahlian mereka.

Dengan video, kamu tidak hanya menunjukkan keahlian dan kualitas kamu, tetapi kamu juga memberi pemberi kerja kesempatan untuk melihat bagaimana kamu bekerja di lingkungan kantor di kehidupan nyata.

Website atau media sosial bukan satu-satunya tempat untuk mencari pekerjaan. Perusahaan beralih ke situs video, seperti Youtube. Tidak mengherankan jika nanti media video akan semakin menjadi sarana dan kebutuhan di masa depan.

Tips Mendapatkan Kerja Remote

Tidak ada pendekatan pasti untuk mendapatkan kerja remote. Ini akan tergantung pada jenis profesi, tingkat keterampilan dan pengalaman yang dibutuhkan dan faktor lainnya, seperti izin kerja, kebutuhan lapangan kerja, lokasi geografis, dll.

Kamu dapat menemukan lowongan kerja remote di situs lowongan kerja online, komunitas online, jaringan media sosial, grup atau forum pekerja, dan bahkan jaringan media sosial dan koneksi milik kamu sendiri. Situs lowongan kerja cukup populer dan efektif dalam menemukan kerja remote. Hal tersebut memungkinkan kamu untuk mencari kerja remote dengan kata kunci, lokasi, dan banyak kriteria lain yang mungkin berguna bagi kamu, kisaran gaji misalnya.

Komunitas online baik itu di media sosial ataupun situs grup atau forum dapat membantumu menemukan orang-orang yang berpikiran sama, seprofesi, untuk membicarakan berbagai hal, memposting tentang hal-hal yang telah terjadi, dan berbagi detail tentang hal-hal yang sedang terjadi di masa depan berkaitan dengan pekerjaan tadi.

Kesimpulan

Ada banyak peluang kerja remote atau kerja online di luar sana, tetapi itu akan tergantung pada jenis profesi, tingkat keterampilan dan pengalaman yang dibutuhkan, kisaran gaji dan faktor lainnya. Situs lowongan kerja dan forum/grup media sosial merupakan tempat dimana menemukan kerja remote dengan mudah. Sebagai tips, kamu juga diharuskan memperkenalkan diri, keahlian, portofolio, pengalaman kamu lewat artikel blog, website portofolio, komunitas online, forum/grup di media sosial ataupun video. Itu akan menjadi nilai tambah untuk kamu.

Dan tidak kalah penting, merupakan ide bagus untuk melakukan riset terhadap perusahaan dan jenis pekerjaan dan memastikan itu cocok untuk kamu, sebelum kamu diwawancara dan direkrut untuk kerja remote atau kerja online. Semoga dengan tips dari saya semakin memperbesar peluang kamu mendapatkan kerja remote dengan mudah.

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top